Keren ! Lima Varian Soal AKM Jadi Menu penilaian Di SMP Katolik Giovanni

 

GivansJHS, News – Pada Senin (22/3/2021), SMP Katolik Giovanni menyelenggarakan Penilaian Tengah Semester (PTS) bagi peserta didik kelas 7 dan 8 sekaligus Penilaian Akhir Semester (PAS) bagi peserta didik kelas 9.

Penilaian tersebut dilaksanakan secara daring menggunakan aplikasi Google Form, Google Classroom dan WAG.

Berbeda dengan pelaksanaan penilaian sebelumnya, kali ini SMPK Giovanni mengadopsi komponen dan ragam soal dari Asesmen Kompetensi Minumum (AKM).

Seperti informasi yang beredar, AKM merupakan program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah yang digagas Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)RI. AKM tersebut akan menguji kemampuan peserta didik dibidang literasi membaca dan numerasi.

Kepala SMP Katolik Giovanni Kornelis Seran Nahak, S.Pd, M.Hum melalui Kepala Urusan Kurikulum Jacobus Simon Boleng, S.Pd, M.Hum menjelaskan, SMPK Giovanni sedang melakukan uji coba penggunaan komponen dan ragam soal AKM untuk semua mata pelajaran.

Jacobus mengatakan, semua guru mata pelajaran diberikan pelatihan dan tutorial secara internal untuk mengintegrasikan komponen AKM yang meliputi konten, proses kognitif dan konteks dengan setiap soal yang menjadi bahan penilaian serta disesuaikan dengan ruang lingkup materi setiap mata pelajaran.

Jacobus berucap, “Tujuan dicanangkan program tersebut untuk melatih peserta didik agar memiliki kemampuan memahami, menggunakan, mengevaluasi dan merefleksikan berbagai jenis soal dalam menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai konteks yang relevan.”

Adapun lima varian soal AKM yang digunakan yakni pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isisan singkat dan uraian.

Ketua panitia pelaksana PTS dan PAS Diana Ratualin,ST menginformasikan, sebelum pelaksanaan penilaian, semua peserta didik SMPK Giovanni dikirimkan video tutorial dan wajib mengikuti simulasi melalui link yang dikirimkan ke grup-grup kelas.

Pelaksanaan PTS dengan lima varian soal tersebut mendapatkan respon positif dari peserta didik SMPK Giovanni.

Yoseph C. Tupen Wahon salah satu peserta didik mengaku senang dengan bentuk soal yang bervariasi. Menurutnya, penilaian yang berlangsung kali ini memberikan tantangan tersendiri karena ada lima jenis soal.

Meskipun demikian, bagi Yoseph penilaian tersebut dapat mengembangkan kemampuan berpikir dan analisa setiap peserta didik.

Berdasarkan informasi yang disampaikan kepada media ini, pelaksanakan PTS dan PAS di SMPK Giovanni akan berakhir pada Jumad (26/3/2021).