Ragam Fasilitas Jika Mendaftar di SMP Katolik Giovanni

GivansJHS – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMP Katolik Giovanni Kupang telah dibuka baik secara offline dan online.

Di mana PPDB di sekolah itu dimulai sejak tanggal 23 Februari sampai 11 Juli 2021 mendatang.

Calon peserta didik baru yang hendak mendaftar dapat membuka website sekolah: smpkgiovannikupang.sch.id atau membuka link pendaftaran pada tautan https://forms.gle/WcLZd1p1JJQDE9fg9 selanjutnya menghubungi panitia pelaksana.

Hingga saat ini animo calon siswa yang mau melanjutkan pendidikan ke SMPK Giovanni usai tamat SD cukup tinggi.

Bagi peserta didik yang mau mendaftar secara offline di wilayah Kota Kupang dan sekitarnya juga dilayani. orang tua bersama peserta didik dapat mendatangi sekretariat pendaftaran di sekolah, jalan Ahmad Yani, Nomor 50 Kupang dengan memperhatikan protokol kesehatan (Prokes).

Demikian penjelasan Kepala SMPK Giovanni Kupang melalui ketua panitia PPDB, Jacobus S. Boleng, S.Pd, M.Hum, Senin (10/5/2021) pagi.

Biaya Masuk Murah Langsung Dapat Seragam dan Buku Pelajaran

Pandemi Covid-19, memberi pengaruh yang sangat besar terhadap segala aspek kehidupan termasuk menurunnya pendapatan orang tua. Oleh karena itu, sekolah mengambil kebijakan untuk memberikan keringan pada biaya masuk bagi peserta didik yang hendak mendaftar.

“Bagi orang tua yang berniat mendaftarkan anak di SMPK Giovanni, hanya membayar biaya awal sebesar RP. 2.250.000 dan akan mendapatkan lima pasang seragam dan 10 buku pelajaran penerbit Erlangga,” kata Jack.

Rencana Pembelajaran Tatap Muka Di Tahun Pelajaran Yang Baru

Satu tahun lebih, SMPK Giovanni menjalankan pembelajaran jarak jauh. SMPK Giovanni menjadi salah satu sekolah yang berhasil menerapkan pembelajaran secara daring. beragam produk digital digunakan guru seperti, Google Meet, Google Classroom, Zoom Meeting, Google Form, WA, Youtube dan lainnya untuk memperlancar kegiatan pembelajaran.

Saat ini, SMPK Giovanni sedang mempersiapkan berbagai perlengkapan protokoler kesehatan untuk menerapkan pembelajaran tatap muka terbatas. Rencananya, dalam satu minggu dilangsungkan dua hari tatap muka, dengan alokasi waktu 2 jam sehari.

“Peserta didik yang dapat datang ke sekolah tentu harus memenuhi syarat ketat, diantaranya harus sehat, mendapat ijin oleh orang tua, mematuhi prokes, diantar dan dijemput langsung oleh orang tua,” kata Jack.

Pembelajaran Yang Efektif dan Menyenangkan Melalui Metode Proyek

Salah satu metode pembelajaran yang akan diterapkan seluruh guru di tahun pelajaran yang baru adalah metode proyek. Dua hari tatap muka di sekolah, guru memberikan teori dan skenario pembelajaran, selama empat hari peserta didik diberikan proyek sesuai dengan karakteristik materi masing-masing mata pelajaran.

Peserta didik menghasilkan karya atau menyelesaikan tugas proyek sesuai dengan kondisi lingkungan keluarga dan masyarakat di sekitarnya, bisa berkolaborasi dengan siapa saja sesuai dengan pedoman atau langkah-langkah yang diberikan oleh guru.

“Proyek itu dibahasakan kepada peserta didik sebagai misi yang harus dituntaskan dalam petualangan pembelajaran di masa pandemi. Peserta didik pasti menyukai itu,” ujar Kepala Urusan Kurikulum itu.

Guru Yang Berkompeten

Jumlah tenaga pendidik dan kependidikan di SMPK Giovanni adalah 37 orang. Kualifikasi pendidikan yang dimiliki adalah S1 dan S2. Selain itu, guru SMPK Giovanni juga menguasai pembelajaran secara digital dan beragam model serta metode pembelajaran.

Fasilitas Memadai

Jack mengungkapkan, sekolahnya saat ini telah terakreditasi dengan dilengkapi fasilitas pendidikan yakni ruangan kelas memadai, proyektor, lapangan futsal, voli, basket, lab IPA dan komputer, perpustakaan, UKS, kantin, dan aula serba guna.

Meski dalam masa pandemi dimana seluruh aktivitas dibatasi, dia meyakini bahwa seluruh fasilitas sekolah dapat digunakan.

“Jika ada materi yang membutuhkan percobaan atau alat peraga, maka akan dilangsungkan di laboratorium.”

Gerakan Sekolah Menulis Buku

SMPK Giovanni sedang mengembangkan program Gerakan Sekolah Menulis Buku. Bagi peserta didik yang ingin belajar menjadi penulis dan bercita-cita menerbitkan buku, SMPK Giovanni adalah jawabannya.

Sekolah akan memberikan fasilitas pelatihan menulis dan fasilitas penerbitan buku ber-ISBN sampai pada mengikuti kompetisi menulis ditingkat nasional.

Kegiatan Ekstrakurikuler Secara Offline dan Online

SMPK Giovanni mengambil sebuah gagasan bahwa pandemi jangan sampai membatasi ruang pengembangan kreatifitas, minat dan bakat peserta didik. Oleh karena itu, di tahun pelajaran yang baru akan disiapkan skema baik secara daring maupun offline dan online untuk menjalankan kegiatan ekstrakurikuler.

“Jika Offline maka, diperketat aturan prokesnya,” tegas Jack.

Dalam rangka memajukan bakat dan minat siswa ada kegiatan ekstrakurikuler seperti futsal, badminton, bela diri, English Club, Matematic Club, karya ilmiah remaja, drumband, kesenian tradisional dan paduan suara.

“Siswa SMPK Giovanni kami bina untuk meningkatkan prestasi akademik dan non akademik,” lanjutnya lagi.

Syarat Pendaftaran

Dia menjelaskan, calon peserta didik baru yang akan masuk ke SMPK Giovanni harus membawa persyaratan antara lain foto copy rapor SD kelas 6, foto copy Surat Keterangan Lulus, akte kelahiran atau surat baptis dan kartu keluarga.

Nomor Kontak : 0852 3945 6037

Klik tautan dibawah ini untuk mendaftar dan mengisi formulir online :

https://forms.gle/WcLZd1p1JJQDE9fg9