SMPK Giovanni Raih Penghargaan Pengelola Dana BOS Terbaik

GivansJHS – Sekolah Menengah Pertama Katolik (SMPK) Giovanni Kupang berhasil meraih penghargaan sebagai pengelola Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) terbaik. Penghargaan diberikan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang berdasarkan penilaian kinerja sekolah penerima Dana BOS dalam bidang pengelolaan dan penggunaan Dana BOS reguler terbaik tahun 2021 dengan tepat sesuai petunjuk teknis (juknis).

Penghargaan tersebut diserahkan langsung Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang, Drs. Dumuliahi Djami, M.Si., kepada Kepala SMPK Giovanni Kupang, Kornelis Seran Nahak, S.Pd., M.Hum., yang didampingi bendahara sekolah Afriyani C. Naga, A.Md., dan operator sekolah Marianus Ulin, S.Pd., pada Senin (7/2/2022) bertempat di aula Hotel Swiss Belinn Kupang.

Penyerahan penghargaan disaksikan oleh Dirjen PAUD dan Dikdas Kemendikbudristek dihadapan kepala sekolah, bendahara dan operator sekolah SD dan SMP se – Kota Kupang.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Okto Naitboho, S.Pd., M.Pd., mengatakan untuk menentukan pengelola dana BOS terbaik tahun 2021 terdapat tiga indikator yakni disiplin dalam konteks tepat waktu, konsisten dalam pembelajaan dan tidak pernah terlambat menginput data dalam RKAS Kemendikbudristek.

“Inilah tiga indikator yang kami gunakan, dan kalau ada yang protes, keputusan juri adalah mutlak,” kata Okto diikuti tawa dan tepuk tangan peserta.

Kepala SMPK Giovanni Kupang, Kornelis Seran Nahak, S.Pd., M.Hum., memberikan apresiasi kepada pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang yang serius melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap lembaga pendidikan. Lanjutnya, penghargaan tersebut merupakan hasil kerja kolektif yang mengacu pada juknis dan aturan yang ditetapkan pemerintah.

Oleh karena itu, Kornelis memberikan apresiasi kepada bendahara dan operator sekolah yang telah mengelola dana BOS dengan baik. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada guru, pegawai, komite serta seluruh peserta didik dan orang tua yang terus mendukung penyelenggaraan pendidikan di SMPK Giovanni.

Sebagai informasi, sekolah dengan moto Fiat Lux tersebut mendapatkan penghargaan bersama sembilan sekolah lainnya yaitu SD Kristen Citra Bangsa, SMPN 20 Kupang, UPTD SD Negeri Bertingkat Naikoten, SMP Plus Aktif Namosain, UPTD SD Inpres Oesapa, SD Katolik Rosa Mistika, SD Abdi Kasih Bangsa, SMPN 7 Kupang  dan UPTD SMPN 8 Kupang.

10 sekolah di atas menjadi yang terbaik dari 217 sekolah di Kota Kupang. Khusus SMPK Giovanni, menjadi satu-satunya sekolah dibawah naungan Yayasan Swastisari Keuskupan Agung Kupang.