Kegiatan Ret-Ret merupakan salah satu pembinaan rohani di SMPK Giovanni dengan tujuan membentuk karakter religiusdalam diri peserta didik. Setiap tahun, kegiatan ini dilaksanakan dengan tema yang selalu berganti dan menarik pastinya.

Peserta didik kelas IX digembleng selama empat sampai lima hari di sebuah Wisma di luar kota yang jauh dari keramaian kota. Biasanya digunakan tempat-tempat yang memiliki alam lingkungan yang masih asli, hijau dan indah.

Di kegiatan tersebut, peserta didik diarahkan oleh pembina rohani, biasanya dari kalangan baiarawan, untuk mengenal Tuhan lebih dekat, mengenal dirinya lebih sungguh demi mengembangkan bakat serta potensi, dan mengenal sesama lebih baik untuk menebarkan kasih.

Salah satu yang unik dari kegiatan Ret-Ret adalah “malam permenungan”. Entah kenapa, saat malam tersebut, semua peserta didik pasti menangis. Bahkan ada yang menangis sampai air matanya tak bisa dibendung. Katanya, mereka sedih saat diajak untuk merefleksikan kembali sikap, perilaku, tutur kata baik terhadap orang tua, guru dan teman.

Yang paling nakal sekali pun, pasti akan berurai mata pastinya……..

Penasaran dengan malam permenungan itu ? Mari masuk jadi bagian dari SMPK Giovanni…..